Pengantar Ensiklopedia Wayang

ensiklopedia-wayang

Wayang, merupakan warisan budaya kebanggaan asli Indonesia. Wayang dalam masyarakat Jawa memiliki peranan yang sangatlah penting dalam adat istiadat budaya Jawa. Wayang dapat diumpamakan sebagai sebuah wadah jiwa, dimana dalam penokohannya melambangkan karakter dalam diri manusia, sedangkan jagad pewayangan adalah dunia besarnya. Wayang sangatlah layak dan penting untuk dipelajari, saking pentingnya mempelajari wayang di Universitas Gadjah Mada adda program studi Filsafat Wayang, yang gunanya untuk mempelajari seluk beluk tentang wayang dan falsafah hidup yang ada di dalamnya. Mempelajari wayang sama saja seperti mempelajari diri, sifat-sifat dasar yang ada di dalam diri tiap manusia. Melalui kisah-kisah yang terjadi di antara tokoh-tokohnya kita dapat mempelajari serangkaian makna yang mengilhami perjalanan hidup seorang manusia. 

Sebagai contoh misalnya, Yudistira atau Puntadewa adalah seorang pandawa, satu-satunya yang memiliki darah putih, dan tertakdir untuk tidak bisa berbohong, perkataannya adalah perkataan yang jujur. Namun kejujurannya justru mengantarkan ia dan saudara-saudaranya ditaklukan melalui pertandingan dadu sehingga harus menyerahkan Kerajaan Astina kepada Korawa yang zalim serta menanggung konsekuensi lain dengan mengasingkan diri selama 12 tahun. Pandawa kalah dalam hal strategi, kebaikan dan kejujuran mereka tidak mendapat balasan yang semestinya. Berdasar dari cerita ini kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran, bahwa untuk memimpin sebuah kerajaan atau dalam hal ini adalah negara tidaklah cukup berbekal kebaikan dan ketulusan saja.

Setelah tertipu dengan strategi Kurawa, Yudistira mulai memperbaiki diri di masa pengembaraan. Ia menyiapkan siasat dan strategi, sedangkan Arjuna memohon bantuan kepada Kresna yang Agung. Tibalah pada Perang Baratayuda, Yudistira membuktikan diiri sebagai pemimpin di barisan depan, gagah, utama dan cerdik. Dengan membawa sifat "kejujurannya" yang baru ia berhasil menyerang kelemahan Durna, tameng Korawa yang kemudian mengantarkan Pandawa pada kemenangan. Kisah ini memberikan pelajaran bagi kita adalah untuk selalu belajar sepanjang hayat, selalu berani mengkui kesalahan dan selalu memperbaiki diri, serta tidak lupa untuk selalu menegakkan keadilan yang sejati.

Oleh karena itu, dalam wadah media online ini, semoga ini bisa menjadi refensi dan media belajar bagi siapapun yang ingin mempelajari dan memahami kesenian Wayang. Wayang merupakan budaya asli Indonesia yang berharga dan patut kita banggakan dan harus kita pelajari. Budaya Wayang juga sudah diakui UNESCO sebagai A Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Mari kita sama-sama belajar...termasuk saya yang ingin mempelajari budaya-budaya yang ada di Indonesia.

Salam Hangat, eff

**Sebagai tambahan berikut saya sampaikan silsilah dalam mempelajari wayang :

peta-silsilah-wayang
Peta Silsilah Wayang

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengantar Ensiklopedia Wayang"

Posting Komentar