Tokoh Wayang - Durna

Durna / Begawan Drona

Drona, Begawan Drona atau Dorna (dibaca : Durna) semasa mudanya bernama Bambang Kumbayana, putra Resi Baratmadya dari Hargajembangan dengan Dewi Kumbini, Resi Durna menikah dengan Dewi Krepi, putri dari Prabu Purungaji, Raja Negara Tempuru, dan memperoleh seorang putra yang kemudian diberi nama Bambang Aswatama.

Sewaktu masih kecil, ia bersahabat dengan Drupada atau Sucitra yang merupakan saudara seperguruannya. Dari persahabatannya itu Drupada kelak akan menjanjikan setengah dari Negara Pancala jika ia menjadi raja kelak. Akibat dari janji itu Durna pun akhirnya menagihnya di kemudian hari, namun Drupada ternyata tidak mengakuinya sebagai sahabat. Karena itulah, ia kemudian mendendam dan pergi ke Hastinapura dan menjadi guru dari anak-anak keturunan Barata (Pandawa dan Korawa). Murid kesayangan Durna adalah Arjuna, jika dibandingkan dengan kasih sayangnya terhadap Aswatama putranya, adalah yang kedua tingkatannya.

Kemudian, singkat cerita ketika Pandawa dan Korawa menyelesaikan latihannya, Durna melaksanakan dendamnya itu dengan cara menyuruh mereka berdua untuk menangkap Drupada dalam keadaan hidup. Duryodana, Dursasana, WIkarna, dan Yuyutsu mengerahkan tentara Hastinapura untuk menggempur Kerajaan Cempala, sementara Pandawa pergi ke Kerajaan Cempala tanpa angkatan perang. Arjuna kemudian bisa menangkap Drupada dan membawanya ke hadapan Durna. Durna pun mengambil separuh negara Cempala. Akibat hal itu, Drupada juga mulai timbul dendam membara kepada Durna. Drupada kemudian melakukan upacara untuk memohon seorang putra yang kelak akan membunuh Durna dan seorang putri yang akan menikahi Arjuna.. Maka, lahirlah Drestajumena, pembunuh Durna dalam perang Baratayuda, dan Dewi Drupadi, yang menikahi Arjuna dan para pandawa.

Data Durna
  • Nama         : Durna
  • Nama Lain : Dronacharta, Resi Drona, Begawan Drona, Durna, Bambang Kumbayana
  • Karakter    : Congkak, tinggi hati, sombong, bengis, banyak bicara, dalam taktik berperang ia dikenal cakap, cerdas, pandai dan sakti
  • Senjata      : Keris Cundamanik dan Panah Sangkali (Panah yang kelak akan diberikan kepada Arjuna)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tokoh Wayang - Durna"

Posting Komentar