Tokoh Wayang - Gatotkaca

tokoh-wayang-gatotkaca
Gatotkaca

Siapa yang tidak kenal dengan karakter pewayangan yang satu, karakter Gatotkaca yang dikenal bersahaja, tidak pernah bersolek dan selalu menjaga jarak dengan wanita begitu terkenal dalam dunia pewayangan. Namun, siapakah Gatotkaca? Gatotkaca dalam urutan silsilah merupakan putra kedua dari Bima namun berasal dari ibu yang berbeda dengan Antareja dan Antasena. Ibunda Gatotkaca adalah Dewi Arimbi, seoran putri raksasa dari Negara Pringgadani. Kelahiran dari Gatotkaca ini dianggap sebagai buah dari rekayasa bangsa dewa. Demi wibawa bangsa dewa, Bima dijodohkan dengan Arimbi, yang dengan pamrih akan melahirkan seorang bayi yang kuat dan berani seperti bangsa raksasa, serta pandai dan cerdas seperti bangsa manusia.

Akhirnya singkat cerita, sewaktu lahir tali pusar Gatotkaca tidak dapat dipotong, tali pusar itu hanya dapat dipotong menggunakan senjata Kuntawijayadanu milik Karna. Namun, begitu ingin dipotong, ia malah menyerap sarung senjata tersebut ke dalam tubuhnya sehingga kesaktiannya bertambah. Oleh para dewa, Gatotkaca dimasak menjadi bubur dan diisi dengan berbagai kesaktian. Sehingga ia menjadi seseorang yang sangat sakti. Itulah mengapa ia acap kali disebut-sebut dengan istilah "otot kawat, balung wesi (berotot kawat, dan bertulang besi)".

Gatotkaca mempunyai ciri-ciri yang sangat khas, yaitu bermata telengan (membelalak), berhitung dempak, berkumis dan berjenggot. Berjamang tiga susun, bersunting waderan, bersanggul kadal menek, bergaruda membelakang, berpraba, berkalung ulur-ulur, bergelang, berpontoh, berkeroncong, dan berkain kerajaan lengkap.

Dalam perang Baratayuda, Gatotkaca tewas terkena senjata Kuntawijayadanu milik Karna, yang sebelumnya digunakan untuk memotong tali pusarnya. Waktu itu Gatotkaca sedang bersembunyi di awan, sehingga terjatuhlah dia tepat di kereta milik Karna. Akhirnya Karna pun tewas pula setelah tertimpa jenazah dari Gatotkaca.

Data Gatotkaca
  • Nama         : Gatotkaca
  • Nama Lain : -
  • Karakter     : Bersahaja, tak pernah bersolek, dan selalu menjauhkan diri dari wanita
  • Senjata        : -

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Tokoh Wayang - Gatotkaca"

  1. Bukannya karna gugur karena terpanah
    Panah pasopati milik arjuna
    Lalunama lainnya adalah:raden anom gatotkaca
    ............
    ............
    Hanya sekedar memberi tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raven anom iTu hanya julukan saja raden iTu pangeran anom iTu muda

      Hapus