Tokoh Wayang - Basudewa

prabu-basudewa
Prabu Basudewa / Wasudewa

Basudewa merupakan putra Prabu Basukunti dan merupakan penerus tahta Kerajaan Mandura. Karena sudah ditetapkan sebagai pemegang tahta Kerajaan Mandura, maka ketika sudah dewasa Basudewa "mangkat" menggantikan kedudukan Prabu Basukunti sebagai Raja Mandur dan menikah dengan tiga orang istri.

Dewi Mahera (atau dikenal pula dengan nama Dewi Maerah) merupakan istri pertama dari Prabu Basudewa. Namun istri pertama dari Prabu Basudewa ini di kemudian hari diusirnya dari Kerajaan karena sudah dinodai oleh Prabu Gorawangsa (Raja raksasa/gandarwa dari negara Guwagra yang kemudian menurunkan anak yang bernama Kangsadewa). Kemudian istri kedua dari Prabu Basudewa bernama Dewi Rohini, sedangkan istri yang ketiga bernama Dewi Badraini, dimana buah dari perkawinannya dengan Dewi Badraini ini yang kemudian menurunkan Putra Narayana, dan seorang murid bernama Dewi Rara Ireng atau Wara Sembadra.

Namun, Prabu Basudewa ternyata diketahui juga memiliki istri simpanan / garwa ampil (istri yang tidak resmi) yaitu bernama Nyi Niken Segopi, yang nantinya buah perkawinannya dengan Nyi Niken Segopi ini akan menurunkan seorang putra bernama Udawa. Nyi Niken Segopi ini adalah seorang wanita cantik, ia merupakan penari istana yang dalam perjalanan hidupnya bagaikan sebuah barang yang setelah sekian lama dimilki Prabu Basudewa kemudian diberikan kepada adiknya yaitu Arya Ugrasena (Prabu Setyajid) yang kemudian membuahkan anak yang bernama Arya Adimenggala, kemudian diserahkan kepada adiknya yaitu Arya Rukma (Prabu Bismaka) yang membuahkan anak bernama Dewi Larasati. Dan terakhir Nyi Niken Segopi akhirnya diberikan kepada Demang Antagopa ddan diberi sebidang tanah yang bernama Widarakandang.

Semua anak-anak dari Basudewa sejak kecil disembunyikan dan dirawat oleh Demang Antagopa dan Nyi Niken Segopi di widara kandang, karena selalu mendapat ancaman dari Dewi Maerah (istri pertama yang diusir) yang akan membunuh mereka semua agar tidak menghalangi tujuannya dalam merebut kekuasaan Mandura dan berhasil menguasainya serta kemudian menawan Basudewa beserta istri-istrinya. Singkat cerita setelah menjelang dewasa, Kakrasana yang kemudian bernama Baladewa dan adiknya Narayana yang kemudian bernama Kresna memberanikan diri pulang ke negara Mandura untuk melawan Kangsadewa yang hendak menguasai dan menawan ayahandanya. Hingga akhirnya berhasil mengalahkannya dalam duel, sebagaimana sudah ditakdirkan para dewa bahwa kematian Kangsadewa berada di tangan Kresna.

Data Basudewa :
Nama         : Prabu Basudewa
Nama lain : Wasudewa
Karakter    : Bijaksana, Tabah dan Penyanyang
Senjata      : -

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tokoh Wayang - Basudewa"

Posting Komentar