Tokoh Wayang - Harjunapati

prabu-harjunapati
Prabu Harjunapati

Harjunapati memerintah Negara Sriwedari. Seperti yang diketahui sebelum diruwat Begawan Budawirocana di pertapaan Budisita, wujud daripada Prabu Harjunapati raksasa. Namanya adalah Kunjarakarna. Setelah Harjunapati berganti wujud menjadi seorang ksatria, Harjunapati kemudian bertakhta di Negara Sriwedari. Ia memperistri dan berpermaisurikan Dewi Citrahoyi, ia adalah cucu keponakan Dewi Citrawati, istri dari Prabu Arjuna Sasrabahu. Wajah, bentuk, dan tingkah laku dari Dewi Citrahoyi sangat mirip sekali dengan Dewi Banowati.

Sewaktu Prabu Kresna mengetahui bahwa Arjuna mulai jatuh cinta pada Dewi Citrahoyi, ia mendesak paada Prabu Arjunapati agar segera menyerahkan istrinya kepad Arjuna. Namun Prabu Arjunapati menolak walaupun sebenarnya ia sangat segan dengan Prabu Kresna. Karena penolakan ini, Arjuna tidak dapat menahan rasa rindunya kepad Dewi Citrahoyi. Oleh karenanya secara sembunyi-sembunyi Arjuna datang menemui Dewi Citrahoyi, dan Sang Dewi sendiri tidak mampu menolak godaan dan rayuan dari Arjuna. Hingga kemudian terjadilah perselingkungan itu. Lama kelamaan perselingkungan itu diketahui juga oleh Prbu Arjunapati. Mendapati hubungan gelap yang dilakukan istrinya dan Arjuna, Prabu Arjunapati sangat murka dan menantang Arjuna untuk perang tanding.

Dalam perang tanding itu, Prabu Arjunapati berhasil menang dan membunuh Arjuna, namun dengan menggunakan Kembang Wijayakusuma, Arjuna berhasil dihidupkan kembali oleh Prabu Kresna. Hingga akhirnya Prabu Arjunapati kalah oleh Patih Udawa, sehingga terlaksanalah keinginan Arjuna untuk memperistri Dewi Citrahoyi walaupun dengan cara yang tidak benar. Peristiwa ini terjadi setelah meletusnya Perang Baratayuda.

Data Harjunapati
  • Nama          : Harjunapati
  • Nama Lain  : -
  • Karakter      : -
  • Senjata        : -

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tokoh Wayang - Harjunapati"

Posting Komentar