Tokoh Wayang - Brajamusti

tokoh-wayang-brajamusti
Brajamusti

Bagi orang Jogja, nama wayang Brajamusti dipakai sebagai nama dari kelompok suporter PSIM Yogyakarta. Oleh karena itu saya ingin mengungkap tokoh wayang yang bernama Brajamusti ini.

Brajamusti adalah salah seorang paman dari Gatotkaca, karena sebenarnya ia adalah adik dari Dewi Arimbi. Brajamusti merupakan anak keempat dari Prabu Trembaka, raja Pringgadani, yang mati terbunuh ketika berperang melawan Prabu Pandu Dewanata. Abangnya yang sulung, Prabu Arimba juga mati terbunuh oleh Bima. Kakaknya yang nomor dua, Dewi Arimbi, kemudian menjadi istri Bima dan sekaligus menjadi pewaris tahta Kerajaan Pringgadani. Kakaknya yang nomor tigas, yaitu Brajadenta ternyata kemudian memberontak ketika Dewi Arimbi mewariskan singgasana kepada Gatotkaca.

Brajamusti disebutkan tidak menyetujui atas pemberontakan yang dilakukan oleh Brajadenta tersebut. Brajamusti menentangnya, sehingga keduanya terlibat dalam peperangan, dan mati sampyuh. Keduanya tewas bersama-sama. Namun sebelum tewas, Brajamusti sempat menyadarkan abangnya bahwa perbuatannya itu keliru. Karena itu arwah dari kedua raksasa tersebut lalu menyusup masuk ke dalam tubuh Gatotkaca. Brajadenta menempati telapak tangan kanan dari Gatotkaca, sedangkan Brajamusti menyusup ke telapak tangan sebelah kiri. Dengan penyusupan arwah kedua raksasa ini menyebabkan kesaktian dari Gatotkaca menjadi bertambah kuat.

Data Brajamusti 

Nama         : Brajamusti
Nama Lain : -
Karakter     : -
Senjata       : -

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tokoh Wayang - Brajamusti"

Posting Komentar