Tokoh Wayang - Gana (Batara Gana)

tokoh-wayang-batara-gana
Batara Gana

Gana atau Batara Gana atau yang sering dikenal ialah Ganesha, adalah putra dari Batara Guru dan Dewi Parwati. Dikisahkan bahwa karena Dewi Umayi berubah menjadi Batara Durga, maka Batara Guru kemudian menikahi Dewi Parwati dan dari perkawinan itulah kemudian lahir Ganesha.

Batara Gana atau yang sering disebut Sang Hyang Ganesha ini merupakan bangsa dewa yang menguasai ilmu pengetahuan. Karena sebab itulah Ganesha kemudian banyak menjadi simbol pengetahuan pendidikan di Indonesia, seperti misalnya lembaga bimbingan belajar Ganesha Operation, Penerbit Ganesha, dan yang lain-lain. Wujud dari Batara Gana ini cukup unik, ia memiliki badan yang besar, sementara kepalanya berwujud Gajah. Batara Gana tinggal di Kahyangan Glugutinatar, yaitu sebuah istana megah yang berada di wilayah Jonggringsaloka. Istana ini sendiri bentuknya kemilau perak warna-warni oleh uraian cahaya matahari.

Ketika Kahyangan waktu itu diserang oleh pasukan raksasa pimpinan Prabu Nilaudraka dari Negara Gluguginantar yang menginginkan tujuh bidadari tercantik di kahyangan, pasukan para dewa ternyata tidak mampu menandinginya. Bahkan, Dewi Parwati yang sedang hamil tua pun harus mengungsi bersama bidadari-bidadari yang lain untuk menghindari amukan Prabu Nilaudraka yang memporak-porandakan seisi kahyangan sehingga harus dilawan oleh Batara Indra dengan gajah putihnya.

Dan tak diduga dan disangka-sangka, Dewi Parwati yang menyaksikan jalannya pertarungan tersebut dengan raut muka penuh ketakutan pun sempat terjatuh dan kandungannya pun terbentur sehingga kemudian melahirkan seorang bayi dewa namun bermuka raksasa dengan kepala gajah. Bayi ajaib itu kemudian dirawat dengan air gege (air sakti) oleh Batara Guru sehingga menyebabkan bayi itu tumbuh dengan cepat menjadi besar. Setelah itu bayi lelaki ajaib tersebut kemudian diangkat menjadi jagonya para dewa untuk menandingi Prabu Nilaudraka dan akhirnya berhasil membunuh pimpinan pengacau kahyangan tersebut. Setelah itu Batara Gana tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sangat pandai dalam hal ilmu pengetahuan.

Data Gana
  • Nama         : Batara Gana
  • Nama Lain : Sang Hyang Ganesha
  • Karakter     : -
  • Senjata       : -

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tokoh Wayang - Gana (Batara Gana)"

Posting Komentar